Pulau Jawa Kerajaan Majapahit

988Sport – Maka sulawesi juga ada kerajaan besar yaitu kerajaan goa, yang terletak di sulawesi bagian selatan. Menurut dugaan kerajaan ini berdiri pada abad ke 13 masehi. Dan terus bertahan hingga nusantara menjadi republik, sampai kini bekas pusat kerajaan tersebut masih ada dan menjadi kabupatan goa yang kota nya sudah menyatu dengan makassar.

Sedangkan kerajaan bone di tanah bugis berdiri pada tahun 1335 m. Sebagai kerajaan goa kerajaan bone juga asal nya bukan kerajaan islam. Sebagai yang telah di uraikan di depan hal 173. Bahwa pada abad ke 15 m seorang da i keturunan arab yang bernama asy dan rombiongan yang langsung di pimpin oleh sultan abdul jalil bertolak dari pidi dengan kapal menuju sulawesi dan berhenti di senuah bandara yang di sebut makassar.

Dan menyebarkan islam di sini hingga raja bone memeluk islam dan lahir kerajaan islam di sulawasi. demikian juga kerajaan goa pada juru dakwah islam yang datang ke negeri ini di samping Karena maulana malik ibrahim wali songo pertama, adalah utusan dakwah yang dikirim oleh sultan zainal abidin bahian syah 1396 m. pada tahun 1395 m. maaulana malik ibrahim tinggal di gersik selama 20 tahun, dan wafat pada tahun 1419 m. maulana malik ibrahim ini bermazhab ahlussunah wal jama ah.

Sama dengan mazhab sultan yang berkuasa pada saat itu di samudra pasai. Sehingga tidak heran apabila sampai masa kini pengaruh mazhab ahlussunnah wal jama ah sangat dominan di jawa timur khususnya dan indonesia umumnya. Pada abad ke 15 masehi, seorang da i keturunan arab bernama asy syaikh ali al qaisar dan rombongan.

Yang dipimpin langsung oleh sultan abdul jalil bin sultan al qahhar bertolak dari pidi Aceh dengan kapal menuju ke sulawesi dan berhenti di sebuah bandar yang disebut makassar mereka menyerabarkan islam di sana hingga raja bone memeluk islam dan lahirlah kerajaan islam di sulawesi. Jadi cikal-bakalnya juga berasal dari aceh.

Aceh memang menjadi pusat penyebar islam di indonesia. Sebagaimana yang diceritakan oleh hamka bahwa yang membawa islam ke pariaman yang kemudian menyebar ke suruh alam minangkabau dari pesisir pantai. adalaah syaikh burhanuddin yang meninggal di sana dan dikuburkan di ulakan pariaman. Ia adalah murid syaikh abdulah arif yang lama bermukim di aceh.

Sedangkan penyebaran islam dari darat, adalah dari kerajaan siak sehinngga kini orang yang taat beragama islam minangkabau disebut urang saik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *