Parasasti Batutulis Memuat Angka Tahun Dalam Bentuk Candrasangkala

Bandar Judi Bola – Yang berdasarkan tafsir atas huruf prasasti itu, dan penilain angka – angka yang secara keseluruna menjadi tahun 1255 saka, atau tahun 1333 m. Dari data -data di atas, dapat tarik kesimpulan bahwa di jawa barat setelah kerajaan tarumanegara ada kerajaan sunda yang pusat pemerintahan nya berpindah – pindah.

Perpindahan pusat pemerintahan adalah yang lazim dalam sejarah nusantara misal nya pusat kerajaan mataram di jawa tengah demikian juga arilangga semua mengalami perubahan berapa kali pindah tempat. Sama hal nya dengan penduduk sebagai peladang yang sengga kerajaan nya yang pada mula berpusat di galuh lalu berpindah pindah dan akir nya di pakuan pajajaran.

Dengan demikian dapat di artikan, bahwa pajajaran bukan nama kerajaan tetapi nama pusat kerajaan. Menurut urutan nya secara kronologis, raja sunda yang memerintah pajajaran sampai keruntuhan nya sejak tahun 1333 sampai 1579 m adalah sebagai berikut.

Sri baduga maharaja yang terjadi pasunda babat.Hyang buri sora pengasuh prabu niskala wastu kencana. Prabu niskala wastu kencana. Sang ratu jaya dewata kata sura mulai di sematkan dalam nama ibu kota seperti pakuan pajajaran bernama Sri bima puntu narayana madura suradi pati dan kemudian banten bernama surasowan semasa pemerintah sang ratu jaya dewata terjalin hubungan bilateral denngan orang portugis di malaka pengaruh islam sudah mulai terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *