Panorama Indahnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Panorama Indahnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapı yang terdapat di Jawa Barat Disebut Tangkuban Perahu karena bentuknya mirip dengan perahu yang terbalik.

Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut. Terdapat berbagai hutan d sana, yaitu hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan ericaceous.

Tangkuban Perahu pernah meletus pada tahun 1910 dan membentuk banyak kawah yang sering mengeluarkan asap belerang ke dataran rendah yang berada di bawahnya. Puncak gunung berbentuk memanjang mirip dengan perahu yang terbalik dan jarang dimiliki gunung berapi pada umumnya.

Di lereng gunung terdapat hamparan kebun teh yang luas sehingga menambah daya tarik gunung ini. Dari puncak gunung, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana Kota Bandung.

Ada beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi di sekitar Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas merupakan kawah yang paling sering dikunjungi.

Indahnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Kawah Ratu berbentuk seperti mangkuk raksasa. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah ini dengan jelas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah.

Kawah Domas bentuknya berupa cekungan yang mengeluarkan sumber air panas. Pada sumber air panas yang mengandung belerang tersebut, dapat Anda pergunakan untuk membasuh badan. Untuk menuju kawah-kawah tersebut, Anda dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antar kawah yang tidak begitu jauh.

Anda juga dapat menyewa kuda tunggangan khusus untuk menuju Kawah Ratu. Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikolo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya 30 kilo dari kota Bandung. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika Anda bertolak dengan kendaraan pribadi dari arah Subang maupun Lembang, untuk sampai ke lokasi melalui pintu masuk pertama, maka Anda dapat melewati samping Bumi Perkemahan Cikole. Namun, jika Anda ingin melewati pintu masuk kedua, maka perjalanan mengarah ke utara dari bumi perkemahan dengan jarak tempuh sekitar 3 kilo

Jika Anda ke sana dengan menggunakan transportasi umum, maka waktu tempuhnya dari kota Bandung sekitar 50 menit. Tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp 8.000 per orang. Di sekitar area bibir Kawah Ratu dan Kawah Upas, banyak terdapat warung dan kios yang menjajakan aneka macam makanan, minuman, dan masakan khas Lembang, yaitu ketan bakar.

Di area ini, banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka macam permainan anak-anak, boneka, topi, tas, kerajinan dari batu, pernak-pernik (gelang, cincin, senjata tajam khas daerah, selendang), alat musik angklung, batu dan serbuk belerang (obat alternatif penyakit kulit), tanaman bonsai, dan buah strawberry.

Fasilitas yang tersedia adalah persewaan kuda, mushala, halaman parkir, dan pusat informasi. Penginapan dengan berbagai tipe pun tak susah ditemukan di sepanjang perjalanan. Itulah beberapa info yang kami  988poker.me  kumpulkan dan bagikan kepada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *